renungan

Saturday, November 29, 2008

one week i got a value experience from a child who sold 'sapu lidi' in front of mcd kalimalang

awalnya sih rencananya gue mau makan abis TO, abisnya laper geeeelaaaaa, yaudah deh gue, riri, nadine mo makan di mcd. nah disitu ada yang jual sapu lidi, anak kecil yang jual(gue mikir, kontras amat, di dalem orang2 enak makn, sedangkan dia jualan dan pasti laper), si nadine celingak-celinguk ngeliatin tuh anak, trus bilang gini "gue pengen wawancarain tuh anak deh", trus gue jwb "yauda sana, wawancarain". oh iya si riri pulang dluan soalnya dia udah di jemput.
si ndine masih bingung2 mo wawancarain apa ngga, gue bilang gni"udah sana, kalo mo wawancarain, wawancarain gih sono", si nadine masih aja bingung. eh akhirnya jadi juga wawancarain tuh anak trus gue yang ngerekam videonya, intinya gini nih;
dia itu anak sd 07 sekitar kelas 3 atau 4, bapaknya sehari2 kerja jadi tukang parkir, ibunya jagain adeknya, dia anak pertama dari 2 bersaudara, dia jual sapulidi jarang sih tapi sekalinya jualan dia harus bersabar menjual sapulidinya sampe abis, dia ke mcd buat jualan sapulidinya sendiri naek angkot gaada ortunya gaada yang ngawasin, pdhl dia bisa di dpn mcd ampe jam 7an kali

dari situ gue sadar, selama ini gue kurang bersyukur, kurang berani menghadapi rintangan2 yang ringan maupun berat, sedangkan anak kecil itu dia berani buat jualan sapu lidi sendirian tanpa orangtuanya tanpa pengawas siapapun sampe malem loh, pdhl kalo gue jd dia blm tentu gue berani jualan sapulidi tanpa ditemenin ortu, pas umur segitu aja gue blm berani naek angkot sendiri, tapi dia berani sangat berani malahan

jadi buat lo yang kurang bersyukur termasuk gue manusia yang ga sempurna ini, syukurin aja deh apa yang udah lo dapet,manfaatin deh apa yang udah lo punya, ga usah maksain kehendak lo, kasian ortu lo yang susah payah kerja tapi lo ngerengek2 minta dibeliin ini itu, susah tau cari kerja, coba deh lo bayangin kalo udah gede, manusia makin banyak trus makin ketat persaingan buat cari kerja, coba lo ga dapet kerja trus anak lo ngerengek2 minta ini itu, repot kan? gitu tuh rasanya kalo orang tua lo dengerin rengekan2 lo

yang gue seneng dari anak kecil itu, dia sekolah, kebanyakan orang yg kayak dia, maaf maksud gue kurang mampu dalam soal ekonominya, ngga sekolah. mungkin orangtuanya berjuang abis2an buat biaya sekolahnya. i hope she still study at school until she get good university and she can reach her dreams. gue juga berharap semua anak yang ga mampu dapet pendidikan yang layak dan di kasih bantuan2 dari pemerintah, mudah2an pemerintah ga cuma ngomong doang mo ngasih bantuan2nya(makanya jangan korupsi bung, rakyatmu menderita ini :p), ohiya gue juga berharap lapngan kerja segera diluaskan, soalnya banyak pengangguran trus ga pnya duit ga bisa bayarin sekolah anaknya, ga bisa beli makanan. eh trus ujung2nya mati kelaperan.

abis wawancarain dia, kita beliin dia makanan di mcd, cuma dikit sih soalnya uang kita pas2an. hah, seneng gue bisa beliin makan buat anak kecil, meskipun uang abis hahah:)

seeyaasoon,
mariezka

1 comments:

LLawliet said...

aduh, gw jadi mau jualan juga kan........